Angina Stabil dan Tidak Stabil

Memahami Angina / Nyeri Dada

Angina, atau angina pectoris, adalah istilah medis untuk gejala yang disebabkan oleh jantung tidak mendapatkan cukup oksigen dari arteri yang mensuplai jantung dengan darah. Ketika arteri ini menyempit atau tersumbat dari waktu ke waktu, hal itu disebut penyakit arteri koroner (CAD/coronary artery disease), dan dapat menyebabkan angina. Paling umum, orang menggambarkan gejala mereka angina sebagai ketidaknyamanan dada atau nyeri.

Angina bisa stabil atau tidak stabil.
Ketika angina menjadi tidak stabil, hal ini umumnya terkait dengan serangan jantung, yang merupakan keadaan darurat medis. Angina stabil biasanya tidak darurat, tapi bisa menyakitkan dan menakutkan. Kami mengajak Anda untuk menggunakan web ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang angina dan bagaimana Anda dan tim kesehatan Anda dapat bekerja sama dalam rencana pengobatan yang tepat untuk Anda di Pennasia.

Training Bergaransi Sampai Bisa

Angina Bisa Stabil atau Tidak Stabil. Meskipun stabil dan tidak stabil, angina memiliki gejala yang sama, hanya berbeda dalam hal keparahan dan ketika gejala-gejala yang muncul.

Angina stabil.
Adalah ketidaknyamanan dada, sesak napas (atau salah satu gejala yang dijelaskan di atas) yang terjadi dengan diprediksi, banyaknya kegiatan atau stres, dan ketika pola yang dirasakan selama lebih dari empat minggu.

Angina stabil biasanya dimulai ketika Anda memaksakan diri atau merasa stres. Jika Anda berhenti dari yang Anda lakukan, rasa sakit atau ketidaknyamanan biasanya berhenti juga. Kegiatan olahraga, jumlah makanan, atau berdebat membuat denyut jantung Anda naik dan tekanan darah Anda tinggi, sehingga jantung Anda bekerja lebih keras.

Untuk melakukan pekerjaan, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Jika tidak mendapatkan yang cukup, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan angina. Ketika pola Anda angina telah stabil selama beberapa bulan, dapat disebut angina stabil kronis

Menyembuhkan sakit jantung koroner Bp. Budi 08123.115.493

Angina tidak stabil.
Adalah ketika gejala tekanan dada, sesak napas (atau apapun yang lain yang dijelaskan di atas) terjadi untuk pertama kalinya, atau telah terjadi kurang dari dua minggu. Juga, jika Anda memiliki perubahan dalam pola yang biasa yang terjadi saat olahraga, yang juga adalah angina tidak stabil. Angina tidak stabil bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika Anda sedang beristirahat atau duduk di depan televisi tanpa melakukan apa-apa. Sulit untuk mengabaikan gejala ini. Jika gejala berhenti, biasanya akan segera muncul lagi.

Angina stabil bisa menjadi tidak stabil.
Misalnya, jika Anda biasanya memiliki ketidaknyamanan dada setiap kali Anda berjalan dua blok, yang akan dianggap angina stabil. Namun, jika itu pola ketidaknyamanan dada berubah lebih cepat, maka angina telah menjadi tidak stabil. Sebagai contoh, jika ketidaknyamanan datang kurang dari aktivitas biasanya (setelah berjalan hanya setengah dari blok bukan dua) atau terjadi lebih sering dari sebelumnya, itu akan menjadi contoh angina stabil yang telah menjadi tidak stabil.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membedakan antara yang stabil dan tidak stabil angina:

Angina Stabil

  • Adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang mirip dengan episode terakhir dari angina dengan jumlah latihan/kegiatan yang sama dan biasanya sembuh dalam waktu kurang dari lima menit.
  • Adalah nyeri dada atau gejala lain yang biasanya berhenti setelah Anda minum obat atau berhenti untuk beristirahat.
  • Dipicu oleh aktivitas yang membuat jantung bekerja lebih keras /kegiatan fisik dan emosional atau stres, suhu ekstrim, atau makan besar.

Angina Tidak Stabil atau Serangan Jantung

  • Bisa terjadi kapan saja. Anda bisa tidur siang atau sedang minum secangkir kopi.
  • Mungkin merasa berbeda dari rasa sakit atau ketidaknyamanan angina stabil biasanya.
  • Seringkali lebih menyakitkan atau berat dan berlangsung lebih lama dari angina stabil, lebih dari beberapa menit.
  • Mungkin tidak hilang dengan istirahat atau penggunaan obat angina.

Sumber: Pennasia
www.AhliJantung.com

Senyum sejenak biar nggak stress.

SOPIR DI RSJ

Seorang sopir kendaraan mini bus antar jemput orang gila tiba-tiba menghentikan kendaraannya karena bannya kempes.
Ketika sedang menukar ban, si sopir tidak sengaja menendang empat baut ban ke dalam selokan dan hilang.

Dengan paniknya si sopir mengumpat “Gilaaa…..bagaimana musti pasang ban kalau nggak ada bautnya!!”

Salah satu pasien kemudian menyahut dari dalam bus “Bang…lepas saja tuh baut satu per satu dari masing-masing tiga roda yang ada, nanti kalau ada toko baut, tinggal beli 4 baut”

Si sopir langsung menyahut “Bener juga kamu, tapi kok kenapa kamu masuk ke rumah sakit gila sih ?”

Si pasien di dalam bus langsung menyahut
“HEELLLOWWW,….kita ini GILA tau, bukannya GOBLOG seperti kamuu..!!!” :-)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>