Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner

Bagaimana Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner?

Dokter akan mendiagnosa penyakit jantung koroner (PJK) berdasarkan sejarah medis dan keluarga Anda, faktor risiko untuk penyakit jantung koroner Anda, pemeriksaan fisik, dan hasil dari tes dan prosedur.

Tidak ada tes tunggal dapat mendiagnosa penyakit jantung koroner. Jika dokter Anda berpikir Anda memiliki PJK, ia mungkin merekomendasikan satu atau lebih dari tes berikut.

EKG (Elektrokardiogram)
EKG adalah tes sederhana, yang tidak menyakitkan, yang dapat mendeteksi dan mencatat aktivitas listrik jantung. Tes menunjukkan seberapa cepat jantung berdetak dan ritme (stabil atau tidak teratur). EKG juga mencatat kekuatan dan waktu sinyal listrik ketika melalui jantung.

EKG dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan jantung akibat PJK dan tanda-tanda serangan jantung sebelumnya atau saat ini.

Pengujian stress atau treadmill
Selama tes stress, Anda berolahraga untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan cepat selama tes jantung dilakukan. Jika Anda tidak mampu berolahraga, Anda mungkin akan diberi obat untuk meningkatkan denyut jantung.

Training Bergaransi Sampai Bisa
Ketika jantung Anda bekerja keras dan berdetak cepat, dibutuhkan lebih banyak darah dan oksigen. Arteri plak menyempit tidak dapat menyediakan darah yang kaya oksigen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hati Anda.

Sebuah tes stres dapat menunjukkan kemungkinan tanda-tanda dan gejala PJK, seperti:
– Perubahan abnormal pada denyut jantung atau tekanan darah
– Sesak napas atau nyeri dada
– Perubahan abnormal pada irama jantung atau aktivitas listrik jantung Anda

Jika Anda tidak mampu berolahraga untuk orang seusia Anda, jantung Anda mungkin tidak mendapatkan darah yang kaya oksigen yang cukup. Namun, faktor lain juga dapat mencegah Anda dari berolahraga cukup lama (misalnya, penyakit paru-paru, anemia, atau kebugaran umum yang buruk).

Sebagai bagian dari beberapa tes stres, gambar diambil dari jantung saat Anda berolahraga dan saat Anda beristirahat. Pencitraan stress test ini dapat menunjukkan seberapa baik darah mengalir dalam jantung Anda dan seberapa baik hati Anda memompa darah ketika mengalahkan.

Echocardiography
Echocardiography atau echo menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bergerak dari jantung Anda. Gambar menunjukkan ukuran dan bentuk jantung dan seberapa baik bilik jantung dan katup bekerja.

Echo juga dapat menunjukkan daerah aliran darah yang buruk ke jantung, daerah otot jantung yang tidak berkontraksi secara normal, dan cedera sebelumnya pada otot jantung yang disebabkan oleh aliran darah yang buruk.

X Ray Dada
Sebuah x ray dada mengambil gambar dari organ-organ dan struktur di dalam dada, seperti jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Sebuah x ray dada dapat mengungkapkan tanda-tanda gagal jantung, serta gangguan paru-paru dan penyebab lain dari gejala yang tidak berhubungan dengan PJK.

Tes darah
Tes darah memeriksa kadar lemak tertentu, kolesterol, gula, dan protein dalam darah Anda. Tingkat abnormal mungkin menjadi tanda bahwa Anda berisiko untuk penyakit jantung koroner.

Angiography koroner dan Kateterisasi Jantung
Dokter mungkin merekomendasikan angiografi koroner, jika tes atau faktor-faktor lain menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki PJK. Tes ini menggunakan pewarna dan sinar x khusus untuk menunjukkan bagian dalam arteri koroner Anda.

Untuk mendapatkan pewarna ke dalam arteri koroner Anda, dokter akan menggunakan prosedur yang disebut kateterisasi jantung.

CATETER jtgSebuah selang tipis fleksibel yang disebut kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah di lengan, pangkal paha (paha atas), atau leher. Tabung ini berulir ke dalam arteri koroner Anda, dan pewarna dilepaskan ke dalam aliran darah Anda.
Sinar x khusus dilakukan ketika pewarna mengalir melalui arteri koroner Anda. Pewarna memungkinkan dokter mempelajari aliran darah melalui jantung dan pembuluh darah.

Kateterisasi jantung biasanya dilakukan di rumah sakit. Anda terjaga selama prosedur ini. Biasanya menyebabkan sedikit sakit atau tidak ada rasa sakit, meskipun Anda mungkin merasa beberapa nyeri di pembuluh darah di tempat dokter memasukkan kateter.

Sumber: Pennasia
www.AhliJantung.com

Senyum sejenak biar nggak stress.

TENANG SAJA PAK

Seorang suami sedang sekarat dan sebentar lagi akan menemui ajal.
dia ditemani istrinya yg duduk d samping tempat tidur.

Suami : Ma.. Maafkan papa, teman baikmu Rika itu, dia juga istri papa.
Istri : Gak apa-apa say.. Mama sudah tau..

Suami : Papa juga memperistri teman sekantor mama, si Sinta.
Istri : Mama tau kok pa.. gak papa..

Suami : Terakhir papa juga nikah sama Lia..
Istri : Sudahlah pa.. Mama sudah tahu semua.
Sekarang papa tenang saja, biarkan Racunnya bekerja hingga sempurna… :-(

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>