Olahraga dan Terapi Penurun Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan dan melindungi Anda dari berbagai macam penyakit. Namun bagi penderita jantung, konsultasilah dengan PENNASIA apabila ingin melakukan olahraga. Karena tidak semua olahraga aman bagi anda.
Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, olahraga dan diet menjadi kunci utama penurunan kolesterol agar tidak berpengaruh pada fungsi jantung.

Kolesterol memiliki dua tipe yang sangat bertentangan. LDL adalah kolesterol jahat, karena kadar lemaknya yang sangat tinggi membuatnya mudah menempel di dinding pembuluh darah.Sedangkan HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena kandungan proteinnya yang tinggi. HDL bertugas untuk membawa kelebihan kolesterol yang dibawa oleh LDL ke organ hati untuk kembali diproses dan diturunkan kadar kolesterolnya. Dengan begitu HDL berperan besar dalam pencegahan menempelnya lemak dan kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah. Level minimal HDL yang diperlukan tubuh  adalah 60mg/dL (desiliter).

Banyak literatur yang menyebutkan bahwa olahraga aerobik seperti berlari, berenang, dan bersepeda misalnya adalah olahraga yang paling berkhasiat dalam rangka penurunan kolesterol. Namun hal ini bisaberbahaya bagi penderita jantung.

menurunkan kolesterolJika tidak terlalu suka dengan olahraga aerobik, tentu Anda masih memiliki beberapa pilihan lain seperti jogging dan olahraga ringan lainnya. Kabar baiknya, sebenarnya olahraga jenis apapun akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Akan lebih baik jika Anda mampu mengombinasikan beberapa jenis olahraga. Di bawah ini ada beberapa pilihan olahraga dan penjelasan mengapa olahraga jenis ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

Pennasia

      • Terapi Pennasia adalah terapi komplementer yang telah diteliti oleh Pemerintah Jawa Timur dan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan diabetes.
        Berbeda dengan olahraga di atas, penderita kolesterol tidak perlu melakukan olahraga untuk menurunkan kolesterolnya. Hal ini sangat membantu mereka yang karena sedang sakit, karena faktor usia, atau bahkan karena faktor waktu dan tidak sempat melakukan olahraga tetapi tetap ingin menurunkan kolesterolnya.
      • Keuntungan dengan terapi ini, tidak ada efek sampingnya, bahkan pelanggan Pennasia menyatakan kenyamanan yang signifikan saat diterapi. Berbeda dengan obat-obat kolesterol yang sebagian mengakibatkan lemah syahwat, Pennasia ahlinya mengembalikan libido menjadi bagus kembali.
      • Dari yang dirasakan pasien (QoL/quality of life), kolesterol yang mengendap di bahu dan leher pasien juga mengalami penurunan.
      • Sebagaimana diketahui, banyak dari penderita menyatakan kolesterolnya rendah, tetapi masih merasakan ketidaknyamanan pada bahu dan lehernya. Hal ini karena kolesterol yang sudah lama di dalam tubuh dapat mengendap pada otot, daging, dan pembuluh darah.
      • Dengan terapi Pennasia, selain terbukti adanya penurunan kolesterol, pasien menyampaikan kenaikan kenyamanan atau quality of lifenya.

Training Bergaransi Sampai Bisa

Aerobik

      • Alasan utama mengapa olahraga aerobik sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah adalah karena senam aerobik membuat jantung memompa lebih kuat dan cepat. Hal ini akan berimplikasi pada meningkatnya metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh Anda membakar kalori lebih banyak.
      • Tubuh mampu membakar kalori yang terkandung dalam lemak yang secara langsung mempengaruhi tingkat LDL kolesterol (kolesterol jahat). Selain itu, olahraga seperti bersepeda, berenang, dan berlari merangsang produksi enzim tertentu untuk memindahkan kolesterol LDL dari darah ke liver, selanjutnya LDL akan diproses dan dibuang keluar tubuh. Jenis olahraga ini makin populer karena bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. Baik cuaca cerah ataupun hujan.

Yoga

      • Kalau olahraga aerobik mementingkan gerak secara terus menerus, sebaliknya yoga lebih tenang. Yoga kombinasi antara gerakan, pernapasan, dan ketenangan pikiran. Yoga akan menurunkan stres dan membuat kita Hal ini akan berefek positif terhadap kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
      • Mekipun terlihat lambat, namun yoga cukup berat dan dapat membakar lemak. Hal ini karena yoga mengandung gerakan strech atau tarikan yang konsisten.
      • Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa olahraga Yoga secara rutin dapat mengurangi kadar LDL kolesterol dari 14% hingga 35%. Disamping itu, Yoga juga dapat menaikkan HDL (kolesterol baik) dengan persentase yang beragam.
      • Penelitian ini melibatkan mereka yang telah melakukan Yoga bervariasi dari 2 bulan hingga 5 tahun. Yoga yang mengombinasikan gerakan yang lebih halus dengan pernapasan dan ketenangan pikiran juga dapat menurunkan berat badan.

Menurunkan Kolesterol Bp. Widodo

Taichi

      • Taichi yang semula sebagai seni bela diri sekarang telah menjadi olahraga populer bagi yang tidak bisa terlalu bebas bergerak karena sakit atau faktor usia. Gerakan Taichi yang lembut dan perlahan sangat cocok untuk mereka yang ingin melakukan olahraga dan melatih jantung tanpa harus bergerak terlalu keras.
      • Meski gerakannya halus dan lambat, sebuah studi menyatakan bahwa gerakan taichi dapat menurunkan total kolesterol sebesar 7%, dimana LDL kolesterol turun sebesar 12% hingga 15%. Sedangkan kolesterol baik meningkat hingga mencapai 7%.
      • Olahraga apapun akan sangat membantu Anda menjaga ketahanan tubuh. Kunci untuk dapat merasakan efek baik olahraga adalah dengan melakukannya secara rutin. 40 menit olahraga yang disertai pemanasan dan pendinginan, 3 hingga 4 kali seminggu adalah frekuensi yang tepat untuk kesehatan jantung Anda.

* Boleh dikopi tanpa mengubah isi materi.

Sumber: Pennasia
www.AhliJantung.com

Senyum sejenak biar nggak stress.

BERANI BAYAR APAPUN

Seorang mahasiswi seksi yang terancam akan mengalami gagal ujian mendatangi ruang dosennya yang masih muda.
Dia melihat sekitar, kemudian menutup pintunya, dan langsung berlutut di hadapan sang dosen sambil memohon.

“Pak Dosen, saya bersedia melakukan apapun agar bisa lulus ujian….” ujarnya sambil melirik genit.
Lalu sang mahasiswi mendekat ke arah dosennya, menyibakkan rambutnya sambil menatap matanya penuh arti.

“Kalau Bapak masih belum mengerti maksud saya…Saya bersedia melakukan apapun, apa saja yang Bapak mau…”

Dosen muda tadi melirik ke kancing baju yang terbuka satu “Apapun?”
“Apapun!”, jawab sang mahasiswi yakin sambil mendekat.

Suara dosen itu melembut, membaui parfum lembut “Apapun?”
“Apapun….” jawab sang mahasiswi dengan nafas berat.

Akhirnya Pak dosen mendekatkan bibir ke belakang telinga mahasiswinya.
“Maukah kamu……… belajar?”, kata sang dosen. Ha..ha.. jangan berpikir jorok yaa..!! :-)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>